Cara Membuat & Contoh Form Invoice Tagihan Perusahaan

1 min read

Cara Membuat & Contoh Form Invoice Tagihan Perusahaan

Kecanggihan tekhnologi memang perlu untuk dimanfaatkan dengan baik. Jika tidak, kita akan sangat menyesal. Seperti halnya ketika kita belanja disebuah toko online, pastinya memanfaatkan kecanggihan tekhnologi untuk membuat invoice menggunakan word ataupun excel. Apalagi fungsi invoice ini sangat penting sebagai informasi atau sebagai tanda bukti pembayaran. Membuat invoice bisa dibilang susah-susah gampang. Nah, agar tidak salah, pada artikel ini akan diulas mengenai form invoice beserta contohnya.

Cara Membuat & Contoh Form Invoice Tagihan Perusahaan
Cara Membuat & Contoh Form Invoice Tagihan Perusahaan

Pengertian Invoice

Invoice bisa diartikan sebagai sejenis dokumen yang didapatkan pembeli dari penjual. Invoice ini meliputi tanggal pengiriman barang, rincian barang mulai dari ukuran dan berat yang mau dibeli. Selain itu, invoice juga menyantumkan harga barang dan biaya-biaya lain serta jumlah total yang harus dibayar oleh pembeli kepada penjual.

Mudahnya, invoice ini diartikan sebagai surat penagihan dari penjual kepada pembeli yang berupa catatan nilai nominal atau harga yang harus dibayarkan.

Durasi waktu invoice itu bermacam-macam. Kita bisa menunggu hingga 1 bulan atau bahkan kita bisa menunggu hingga tiga bulan. Cepat lamanya keluarnya invoice, tergantung dari pelanggan yang melakukan pembayaran tersebut tepat waktu atau tidak.

Invoice Metode Pembayaran Mudah

Invoice merupakan metode pembayaran yang  mudah. Metode pembayaran yang diajukan oleh penjual kepada pembeli inilah yang membuat lamanya konsumen untuk membayar tagihan invoice. Nah, agar invoice ini bisa menjadi metode pembayaran yang mudah, maka usahakan Anda untuk memberi pelanggan tersebut berbagai pilihan metode pembayaran , seperti transfer dan lain sebagainya.

Hal ini bertujuan agar pembeli tidak merasa kerepotan untuk segera melunasi tagihannya. Jika tidak, rasa malas akan menghampiri dan pembayarannya menjadi tertunda-tunda.

Jenis Jenis Invoice Tagihan

Ternyata invoice terdiri dari beberapa jenis. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis invoice pada umumnya:

  • Invoice Biasa

Invoice biasa ini merupakan invoice atau struk yang biasa kita dapatkan di toko-toko setelah membeli sesuatu. Dengan kata lain, invoice ini digunakan untuk melakukan transaksi yang sederhana pada kehidupan sehari-hari. Isi dari invoice ini cukup sederhana seperti nama barang, jumlah barang dan harga serta diskon jika ada.

  • Invoice Proforma

Invoice proforma adalah jenis invoice yang bersifat sementara. Invoice ini biasa digunakan ketika barang yang dibeli belum diterima seluruhnya. Selain itu, invoice ini juga digunakan dalam sistem pembayaran kredit.

  • Invoice Konsuler

Invoice konsuler ini merupakan invoice khusus. Karena, hanya digunakan untuk perdagangan internasional seperti ekspor impor. Dalam invoice jenis konsuler ini harus ada pengesahan dan persetujuan dari perwakilan negara yang mengimpor.

Contoh Invoice Pembayaran Sederhana

Invoice

  1. Prasetya Husada Abadi No. PHA-Invoice-013

Jalan Panglima Sudirman, 12 A Surabaya                            Tanggal. 25 Januari 2017

Tlp. 082143658709                                                                 PO. No. Po-2017-881

                                                                                                Quo. No. QUO-2017-998

Ditujukan Kepada:

Bapak Ahmad Dani

  1. Sumber Jaya Sentosa

Jalan Mutia Merah, 15 B Jakarta

No.      Deskripsi                     Jumlah            Satuan             Harga satuan              Total

1…….

2……………

3………………..

       .                                                                                         PPN                             –

                                                                                                Total                            –

Terbilang:………………………

                                                                                                PT Prasetya Husada Abadi

                                                                                                (Materai, stempel dan TTD)

                                                                                                            Fatma

Itulah ulasan mengenai form invoice perusahaan beserta contohnya. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat invoice, Anda bisa gunakan aplikasi paper.id. Dengan aplikasi ini, Anda akan bisa membuat invoice dengan baik dan benar.

Bisnis Kelabu Celah Keamanan Software – Mencari Jarum Dalam Tumpukan …

Bisnis Kelabu Celah Keamanan Software – Mencari Jarum Dalam Tumpukan Jerami Teknorus – Sebelum mendapatkan uang dari eror software, seseorang harus mencarinya di dalam...
Asome Mutiah
1 min read

Teknik Sablon Kaos Manual Yang Tepat

Teknik Sablon Kaos Manual Yang Tepat. Sablon manual adalah metode pencetakan t-shirt yang digunakan untuk tanggal dari berbagai jenis t-shirt sablon. Bisnis sablon kaos...
Asome Mutiah
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *