Mengenal Habitat & Aktivitas Tupai Kekes

1 min read

foto tupai kekes

Tupai Kekes atau tupai puwar ini yaitu sejenis dan masih sekeluarga dengan tupai umum lainnya cuma saja ia memiliki tubuh yang lebih besar jikalau dibandingi dengan tupai lain dijenisnya. Tupaia tana dapat kita jumpai di beberapa tempat asal penyebarannya seperti tempat Sumatera dan Kalimantan.

Tupai Kekes memiliki adat istiadat berbeda dengan tupai terbang yang mencari makan pada malam hari atau nokturnal. Tupai variasi ini lebih memilih untuk mencari makanannya pada siang hari, ia seekor diurnal, terpenting ia menghabiskan waktunya di atas tanah. Seperti layaknya kelinci, tupai variasi ini juga membutuhkan pasangan.

 

Ciri Fisik Tupai Kekes

Menurut sumber, Tupai Kekes yaitu binatang sejenis pengerat yang masih bersaudara dengan tikus dan tak memiliki perbedaan yang kontras dengan tupai-tupai lainnya, orang juga telah banyak yang jual tupai Kekes 3 garis di pasar. Tupai variasi ini umumnya memiliki warna berbeda hingga 3 kontras warna, dan umumnya warna itu mencakup warna gelap seperti hitam, coklat dan abu-abu.

foto tupai kekes
Foto tupai kekes | via masjawa.com

Tupai ini memang menonjol sangat lucu melainkan jangan salah, kebanyakan dari mereka telah bertahan hidup di dataran tinggi seperti hutan hingga gunung-gunung di kawasan tropis sehingga mereka telah mengenal alam liar dan mungkin sedikit sulit dijinakkan. Di era modern seperti dikala ini mungkin telah banyak yang memasarkannya.

Banyak orang yang bercerita ke saya bahwa tupai Kekes yaitu salah satu binatang yang mahir dan mudah paham, melainkan kebanyakan mereka merawat dari bayi dan hingga besar sehingga tupai hal yang demikian dapat nurut. Sangat jarang ada orang yang membeli tupai yang telah dewasa lalu dijinakkan karena memang, sulit.

 

Tupai Kekes memiliki bagian depan berwarna lebih pucat dan umumnya warnanya abu-abu kekuningan (pucat) padahal dibagian punggungnya terdapat garis coklat kemerah-merahan dan kian ke arah ekor, kian gelap. Saran saya jangan berikan ia makanan yang seperti larva, cacing dan belalang karena ditakutkan mengandung parasit.

Tupai Kekes dominan hidup di dataran rendah hingga perbukitan yang terdapat di tempat Sumatera dan Borneo, Kalimantan terpenting tempat-tempat yang memiliki ketinggian 1.000 m dpl. Jadi sebisa mungkin ciptakan suasana buatan yang membikin si tupai merasa nyaman di rumah barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *